Radius: Off
Radius:
km Set radius for geolocation
Search

Rio Haryanto Menang di GP2 Inggris

Rio Haryanto Menang di GP2 Inggris

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto sukses menduduki podium pertama di balapan GP2 Inggris. Memulai balapan di posisi pole position, Rio menyelesaikan balapan dengan waktu 36 menit 27,949 detik.

Kemenangan ini adalah yang ketiga kalinya di sprint race pada musim balapan ini sejak ia pindah ke Campos Racing, dengan dua sebelumnya ia dapatkan di Bahrain dan Austria.

Rio sukses meraih kemenangan di Inggris dengan mengamankan tikungan pertama sehingga ia kemudian bisa menyelesaikan putaran demi putaran tak tergganggu oleh pebalap lainnya. Membuntuti Rio tempat kedua dan ketiga terdapat Raffaele Marciello (Trident) dan Pierre Gasly (DAMS).

Hasil ini membuat Rio kini berada di peringkat tiga klasemen sementara dengan 91 angka, sementara di peringkat pertama ada Stoffel Vandoorne (170 poin) dan di peringkat dua Alexander Rossi (105 poin).

“Di race kedua hari ini, saya start dari pole position. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan start yang baik, dan di sprint race tadi saya mendapat start yang sangat baik,” kata Rio seusai balapan dalam rilis resmi yang dikirimkan kepada media.

“Setelah itu, di awal lomba, saya juga berhasil menjauhi Marciello yang berada di posisi kedua, dengan jarak sekitar 3 detik. Saya terus berusaha untuk menjaga jarak 3 detik tersebut dari dia.”

Rio sendiri mendapatkan pole position karena mendapatkan peringkat delapan pada feature racing yang berlangsung pada Sabtu (4/7). Rio yang memulai balapan dari posisi ke-15 sebenarnya finis di urutan kesepuluh, namun ia mendapatkan keuntungan dari hukuman penalti yang dijatuhkan kepada Arthur Pic dan Oliver Rowland.

Sebagai catatan, Sprint race GP2 memang menganut sistem start terbalik untuk pebalap yang menempati posisi delapan besar di feature race.

“Balapan berikutnya di sirkuit Hungaroring, Budapest, memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan sirkuit Silverstone. Sirkuit di Budapest memiliki cukup banyak tikungan-tikungan lambat.”

Tahun lalu, tim Campos dengan Arthur (Pic) tampil kencang di sirkuit ini, sehingga kita punya settingan mobil yang baik. Saya berharap dapat tampil maksimal kembali di ronde berikutnya.”

Catatan redaktur: Tulisan diperbarui pada 19:03 WIB untuk menambahkan komentar Rio Haryanto.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com
Gambar: Rio Haryanto yang mendapatkan pole position di GP 2 Inggris keluar sebagai juara. (Detikcom/Rengga Sancaya)